Kamis, 20 Oktober 2016

Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM)

Dalam rangka meningkatkan cakupan kualitas air minum yang memenuhi syarat kesehatan Dinas Kesahatan Provinsi mengadakan kegiatan Pelatihan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM). Tujuan dari pelatihan RPAM Konumal adalah agar peserta mampu mengimplementasikan rencana pengamanan air minum (RPAM) komunal di wilayahnya. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 3 hari (17-19 Oktober 2016) bertempat di Aula Puskesmas Pengasih II.

Peserta pelatihan sejumlah 30 orang yang terdiri dari 6 kelompok dari enam Puskesmas yang terdiri dari satu Sanitarian Puskesmas, Satu orang Kepala Desa dan tiga orang pengurus kelompok air minum komunal. Puskesmas yang menjadi peserta antara lain Puskesmas Sentolo I, Puskesmas Nanggulan, Puskesmas Pengasih 2, Puskesmas Girimulyo 1, Puskesmas Girimulyo 2 dan Puskesmas Kokap 1. kebetulan dari Puskesmas Sentolo I yang diikutkan pelatihan adalah dari desa kaliagung dengan kelompok Telogo Wening..

Hasil yang diharapkan : diimplementasikan RPAM komunal pada sarana air minum yang dilatih dengan 
dukungan dari pemerjntah desa dan pembinaan dari puskesmas setempat.

Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah diskusi, diskusi kelompok, curah pendapat, penugasan dan praktek lapangan. Orientasi kegitan dipandu oleh Narasumber dan fasilitasor berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi, PAMMASKARTA DIY, dan Dinas Kesehatan Kulon Progo.



 Tampak dari kiri ke kanan: Sanitarian Puskesmas Naggulan (Bangun N.W, SKM), Sanitarian Puskesmas Kokap 1 (Isnaini, AMKL), Sanitarian Puskesmas Sentolo I (Mariana Budiarti, AMKL), Sanitarian Puskesmas Pengasih II (Suparmanto, SKM).









Pada hari kedua pelatihan diadakan kegiatan praktek lapangan. Kegiatanya melihat cara pengoprasian PAMSIMAS dari Hulu ke hilir sampai kepada konsumen.







 _Novvita ws_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar