Kamis, 13 Oktober 2016

SKRINING KESEHATAN ANAK SEKOLAH


Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Penjaringan kesehatan dilakukan pada peserta didik kelas 1 SD/MI, kelas 7 SMP/MTs dan Kelas 10 SMA/SMK/MA serta siswa sekolah SLB.


Adapun skrining yang dilakukan meliputi pemeriksaan keadaan umum meliputi hygiene perorangan, indikasi kelainan gizi dengan melihat rambut warna kusam atau mudah dicabut, bibir kering, pecah-pecah, sudut mulut luka dan kulit pucat/keriput, pengukuran tekanan darah, nadi. Skrining juga meliputi pemeriksaan anda-tanda fisik kekurangan vitamin A, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan tajampenglihatan (visus), pemeriksaan telinga serta penilaian status gizi melalui pengukuran antropometri berat badan dan tinggi badan untuk menentukan Indeks Massa Tubuh (IMT). Untuk siswa SMP dan SMA perempuan juga dilakukan pengukuran LILA. 
Untuk siswa yang memiliki masalah kesehatan seperti telinga kotor, gangguan ketajaman penglihatan serta permasalah  gigi caries maupun gigi sanggar akan diberi rujukan untuk mendapat tindakan lebih lanjut di Puskesmas maupun Rumah Sakit untuk mencegah penyakit menjadi lebih buruk.
Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Sepetember s/d Oktober 2016. Untuk bulan September dilakukan skrining pada sekolah dasar meliputi 18 SD/MI+1 SLB. Jadwal skrining SMP da SMA dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2016 s/d 24 Oktober meliputi 6 SMP/MTs, 3 SMA/SMK. Tim pelaksana kegiatan skrining meliputi Perawat, Bidan, Petugas Gizi, Petugas Sanitarian, petugas Promkes.
(Novvita WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar