Jumat, 17 Maret 2017

PERINGATAN HUT PPNI KE 43
"GERAKAN PERAWAT MENDUKUNG MASYARAKAT SEHAT"





Dalam rangka HUT PPNI ( Persatuan Perawat Nasional Indonesi)  Ke 43 yang jatuh pada tanggal 17 Maret 2017 seluruh perawat se-Indonesia melakukan aksi cuci tangan serentak di institusi kerja masing-masing. Kegiatan yang dilakukan meliputi :
1. Penyuluhan/pendidikan kesehatan tentang hand higyene kepada masyarakat/pengunjung rumah sakit/puskesmas/klinik dengan membagikan flyier kebersihan tangan.


2.    Pelaksanaan cuci tangan serempak seluruh Indonesia pada tanggal 17 Maret 2017 dengan pembagian waktu 08.00 WIB, 09.00 WITA, 10.00 WIT


Aksi ini bertujuan mengajak masyarakat untuk memulai hidup bersih dan sehat dimulai dari diri sendiri melalui hal yang paling sederhana yaitu mencuci tangan dengan sabun secara tepat. Puskesmas Sentolo 1 yang merupakan salah satu instansi kesehatan tak luput dalam menyemarakkan kegiatan ini. Pelaksanaan kegiatan di Puskesmas dilakukan oleh 15 orang perawat baik perawat rawat jalan maupun perawat UGD yang terdiri dari 1 orang penyuluh 8 orang fasilitator, 2 orang dokumentator dan selebihnya tetap melaksanakan tugas di unit masing-masing sebagai bentuk keterlibatannnya. Kegiatan dilakukan di ruang tunggu rawat jalan Puskesmas Sentolo 1 dengan melibatkan para pengunjung baik pasien maupun pengantar. Kegiatan diawali dengan memberikan penyuluhan ringan tetang pentingnya cuci tangan, manfaat, waktu yang tepat melakukan cuci tanngan serta bagaimana cara yang tepat melaksanakan cuci tangan yang benar. Kemudian disusul demonstrasi cuci tangan yang benar oleh para fasilitator dan diikuti oleh para pengunjung Puskesmas Sentolo 1 yang diakhiri secara serentak bersama-sama melakukan aksi cuci tangan dengan benar. 


Dari kegiatan serentak yang dilakukan oleh seluruh instansi kesehatan baik negeri maupun swasta, baik rumah sakit, puskesmas, maupun klinik se- Indonesia PPNI selaku organisasi profesi keperawatan memperoleh penghargaan dari Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI) atas mencuci tangan secara serentak oleh peserta terbanyak. Melalui rangkaian ulang tahun PPNI yang ke 43 tahun 2017 bertujuan mengajak semua elemen PPNI untuk menyatukan langkah, bersama-sama membangun organisasi PPNI disemua level, dan bergerak sejalan dalam mempengaruhi kebijakan agar berpihak pada kemaslahatan anggota profesi dan masyarakat penerima layanan keperawatan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar