Jumat, 03 Maret 2017

PERTEMUAN NON POKJA 4 
PKK KECAMATAN SENTOLO
DENGAN PUSKESMAS SENTOLO I



Sentolo, (03/03/2016) bertempat di Aula Puskesmas Sentolo I diadakan pertemuan dengan Pokja 4 PKK Kecamatan Sentolo. Peserta dalam pertemuan ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari kader PKK non kesehatan di Kecamatan Sentolo. Pertemuan ini berlangsung dari pukul 08.30 - 13.00 WIB.

Susunan Acara sebagai berikut:

NO
ACARA
PEMATERI
1
Pembukaan
Umi Kuniasari, Amd Keb
2
Sambutan
Kepala Puskesmas Sentolo I
3
Materi:
·         Materi I
·         Materi II
·         Materi III
·         Materi IV

·         dr Susilo Pradyarto
·         Triatminatun, AMG
·         Henny Wakhidati, S.Kep, Ns
·          Umi Kurniasari, Amd Keb
4
Diskusi

5
Penutup

 
Materi pertama yang disampaikan oleh dr Susilo Pradyarto membahas tentang evaluasi program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Gizi tahun 2016. Evaluasi bagi Puskesmas adalah untuk meningkatkan koordinasi lintas sektor khususnya pada  PKK Kecamatan agar cakupan program khususnya UKM lebih meningkat.
Materi ke 2 disampaikan oleh Triatminatun, AMG yang membahas tentang masalah gizi tahun 2017 di wilayah kerja Puskesmas Sentolo I diantaranya ibu hamil KEK, ibu hamil anemi dan anemia pada remaja putri. Masalah tersebut diatasi dengan program pemberian PMT pada bumil KEK, Pemberian tablet besi (FE) pada remaja putri di sekolah dan skrining gizi pada calon penganten (caten)

 Materi ke 3 disampaikan oleh Henny Wakhidati, S.Kep, Ns tentang program-program baru imunisasi di tahun 2017. Program tersebut antara lain pemberian sertifikat lulus imunisasi bagi balita yang sudah diberikan imunisasi dasar lengkap di Puskesmas Sentolo I dengan menunjukkan buku KIA dan fotocopy hasil pelayanan imunisasi, program pemberian imunisasi HPV pada siswa SD dan SMP hingga umur 15 tahun serta program pemberian vaksin rubella.

Materi ke 4 disampaikan oleh Umi Kurniasari, Amd keb tentang permasalahan kesehatan ibu dan anak (KIA) di wilayah kerja Puskesmas Sentolo I serta penjelasan tentang masalah penjaminan Jampersal. Jampersal (Jaminan Persalinan) diperuntukkan bagi ibu hamil yang tidak memiliki jaminan kesehatan yang meliputi pelayanan kesehatan ANC, persalinan, pelayanan nifas dan neonatus serta pemanfaatan RTK (Rumah Tangga kelahiran) di Beji Wates dan transportasi ibu hamil dari RTK ke RSUD atau sebaliknya. 

Selain itu bidan Umi Kurniasari, Amd Keb juga memberikan promosi tentang pelaksanaan Papsmear masal di Puskesmas Sentolo I yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2017 di ruang bersalain Puskesmas Sentolo I dan bekerjasama dengan Laboratorium CITO Wates. Papsmear sendiri merupakan kegiatan rutin ke tiga di tahun 2017.




(Novvita_Umi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar